Friday, November 6, 2015

Jam Tangan Pintar (Smart Watch) Dengan Sistem Operasi Android

Perkembangan teknologi belakangan ini telah berkembang dengan sangat pesat. Dulu kita tidak pernah membayangkan akan ada jam tangan pintar dengan sistem operasi sendiri yaitu Android, di tambah lagi dengan fitur yang dapat terintegrasi dengan handphone pintar (Smart Phone). Tetapi pada kenyataannya, teknologi semacam itu memang telah ada.

Google yang akan meluncurkan jam tangan pintar (Smart Wacth) miliknya, jam tangan tersebut menggunakan sistem operasi Android milik google sendiri. Selian itu dalam jam tangan kali ini google telah menambah berbagai fitur seperti wifi.

Tampilan waktu jam Android selalu memakai warna hitam-putih, namun terbuka peluang bagi pengembang pihak ketiga untuk memasang fitur rendah daya yang bisa menyala sepanjang waktu. Sedangkan pada jam Apple, untuk melihat tampilan waktu harus mengibaskan tangan sebagai cara menghemat daya baterai.

Jam ini juga nantinya bisa menggunakan jaringan wifi dari luar artinya jaringan wifi bukan hanya dari ponsel si pemilik saja.

Fitur baru lainnya termasuk kemampuan menampilkan daftar seluruh aplikasi yang telah diinstal dengan usapan tangan, atau kibaskan lengan untuk terus menuju berita atau notifikasi, bukan menggunakan jari untuk mengerakkan layar.

Fitur-fitur baru ini akan tersedia dalam beberapa pekan ke depan di model-model Android yang dibuat oleh Asus, Samsung, LG, Motorola, Sony dan Huawei. Merk pertama yang akan menggunakannya adalah model LG Watch Urbane mulai Jumat pekan ini.

Namun tidak semua jam Android akan memiliki fitur-fitur ini, karena harus didukung perangkat keras yang sesuai. Jika demikian, maka terserah pada merk pembuatnya apakah akan menerapkan fitur-fitur tersebut.

Sekian pembahasan kali ini, mungkin akan dilanjutkan dengan informasi lainnya.

No comments:

Post a Comment